Friday, April 29, 2005

laporan Visual Art Seminar - UK Petra

dear all, sorry baru bisa ngasih report sekarang. bukannya sok sibuk, tapi badan capek banget dan mood untuk ngetik baru muncul ni hari. hihihi. secara umum, seminar berjalan dengan lancar meskipun awal pelaksanaan rada molor hingga berakhir dengan sedikit molor. yang jadwalnya dimulai pukul 9.30 baru dimulai pukul 10. seminar sendiri berakhir sekitar pukul 5 lebih. sebelum acara dibuka, dua screen besar di sebelah kiri kanan podium menampilkan salah satu animasi buatan salah deswara yang pernah menang di luar negeri. seminar ini terdiri dari 3 sesi dengan topik pada masing masing sesi yaitu ; - DIGITAL ANIMATION yang dibawakan oleh Deswara Aulia - BROADCAST MOTION GRAPHICS yang dibawakan oleh Boyke Saladyne - CREATIVITY & AESTHETICS IN MUSIC VIDEO dibawakan oleh Anggun “The Jadugar” acara dibuka oleh pembawa acara dan dimulai dengan sambutan oleh 2 orang penting di UK Petra, aku lupa nama dan jabatannya. cuman ingat pada satu orang yang begitu naik ke podium langsung bercerita tentang ex mahasiswanya didiknya. pada suatu waktu, ex mahasiswanya yang dah lulus beberapa tahun lampau bertemu dengan beliau dan bercerita bahwa ilmu ilmunya yang selama itu dipelajari dikampus (dkv, cmiiw) tidak dipakai saat dia terjun didunia kerja kecuali dua hal. kalo nggak salah komposisi warna dan ngatur diafragma. (cmiiw). sang dosen bertanya, kok bisa begitu? mahasiswa menerangkan bahwa saat dia bekerja ditempat kerjanya, dia benar benar memulai dari nol. mulai dari angkat angkat lighing, ngatur ngatur cahaya, bantuin cameraman, etc. dosen balik bertanya, jadi menurutmu kalo kamu nggak kuliah di jurusanmu, apakah kamu bisa menjadi sekrang ini ? dengan optimis ex mahasiswa menjawab, menurut saya bisa pak. dalam hati bangga juga sang dosen. saat ditanya sekarang kerja sebagai apa, dengan bangga mahasiswa menjawab sebagai assisten director. inti dari intro beliau mungkin mengingatkan untuk terjun ke bidang multimedia nggak harus berawal dari background multimedia. atau juga untuk memberikan semangat bagi mereka yang memiliki minat dibidang multimedia, sementara mereka sudah mengambil jalur pendidikan yang nggak ada kaitannya dengan multimedia. meski akan lebih baik lagi kalo benar benar dari awal sudah berkecimpung di bidang itu. well.. tak lama dua orang memberi sambutan, berikutnya ke acara pembukaan. saat acara dibuka lampu langsung padam disusul tampilan grafis animasi pembuka acara visual art seminar tour pada screen sebelah kiri dan kanan. disusul gema pembawa acara (rizki *q & mona *petra) memanggil mas ades dan moderator dari petra untuk tampil ke depan. mas ades dengan penampilan kemeja dikeluarkan keliatan santai saja memberikan materi seminar sambil mondar mandir kesana kemari. berikut materi dapat didownload di sini. penjelasan dari mas ades nggak jauh jauh dari materi yang bisa di download pada link tersebut. saat menjelaskan tentang character animation, mas ades sempat menunjukkan salah satu animasi buatan luar negeri dengan character utamanya seekor beruang. animasinya lumayan kocak dan sempat membuat peserta seminar tertawa hingga membuat suasana nggak kaku sekali. cuman sayang sekali mic yang dipake mas ades ada sedikit gaung sehingga penjelasan dari mas ades kurang begitu jelas terdengar. selanjutnya pada langkah langkah pembuatan 3d animation, ada beberapa tahap. untuk tahap pra produksi, ada beberapa langkah seperti penulisan cerita, design character, environment, budged dan timeline produksi. sedangkan pada tahap produksi ada beberapa langkah diantaranya modelling. mas ades mempresentasikan gimana membuat model yang sebisa mungkin dibuat serealistis mungkin. beberapa model manusia ditunjukkan pada layar screen. baik model yang lowpoly atau yang high poly. langkah berikutnya texturing, mas ades nunjukkin modifier baru yang terdapat pada 3d studio max 7, map normal. dengan modifier ini, kita bisa membuat object ternampak low poly tapi hasil rendernya high poly. sangat menghemat kinerja komputer kita. disamping itu ditunjukkan peragaan membedah sebuah object menjadi bagian bagian tertentu sehingga memudahkan kita untuk membuat image mapnya. teknik ini sebelumnya juga bisa menggunakan render to texture. langkah berikutnya skeletal setup, skinning, animation, visual effect dan rendering. sekedar mengingatkan, mas ades memberikan tips bagi character modeller artist, diharapkan menguasai ilmu anatomy manusia sehingga tau bagian bagian tubuh serta pergerakan pergerakannya sampai sedetail mungkin. mulai dari mimik muka sampai pergerakan salah satu anggota badan yang mempengaruhi anggota yang lain. sebagaimana diceritakan pula, mas ades pernah bela belain liat pameran potongan potongan manusia asli yang diawetkan di jerman. ditunjukin oleh olehnya berupa video dvd dimana donatur yang mendonorkan tubuhnya untuk kebutuhan science, ada yang diiris tipis tipis kayak kita ngiris daging.. tapi ini nggak dagingnya aja. tapi dibelah dari kepala kebawah sampek kaki. dibelah dari belakang maju maju setebal sekian centi. sempat sebelum video ditayangkan, mas ades tanya pada audience, berani nonton nggak.. hehehe.. soalnya menurut mas ades, pengalaman waktu nunjukin video itu di seminar seminar dia, banyak audience yang nggak tahan trus keluar. untungnya rata rata audience memberi kode berani.. dipameran itu, semua bentuk tubuh dipajang. kalo kita ingat dimasa pelajaran biologi yang kita pegang pegang itu mungkin plastik atau bahan atom lainnya, kalo dipameran itu benar benar manusia. wow.. jadi dari situ animator tau benar bagian bagian detail dari manusia. “bahkan saya pernah megang otak manusia karena ingin tau. dan sekarang saya nggak takut sama setan. kalo ada setan malah saya tantang, hayo kluarkan kalo kamu mau. saya nggak takut. udah pernah liat soalnya.” kelakar mas ades disambut ketawa para audience.. termasuk aku sendiri... xixixixi... berikutnya terkait dengan modeeling, penggunaan poligon poligon yang tepat memang sangat berpengaruh. ini sangat terkait sekali dengan proses animation. misalnya untuk mimik muka, kalau poligon kita sangat minim di area itu, kita nanti akan kesusahan menganimasikan mimik muka yang menyerupai sebenarnya. “karena itulah, rasanya kita perlu belajar ilmu kedokteran ..” jelas mas ades. wah susah juga yah, gimana belajarnya tuh ? selanjutnya dia juga bercerita bahwa terkait dengan tips khusus yang dia terapkan di Digital Studio, yang kebetulan beliau juga mengajar di sana. “waktu itu saya bilang pada mahasiswa saya. besok, saya nggak tau gimana, pokoknya kalian bawa pensil alis” lanjutnya “ besoknya, “cari pasangan dan buat wireframe pada wajah teman anda (pasangan). lepas itu saya keluar....” sampai mahasiswa merasa dah bisa, kemudian lapor “ mas sudah mas ???” “belum masih salah..” terpaksa dihapus lagi...”bikin wire frame lagi..” sampek akhirnya mereka betul dan tau ternyata bikinnya gitu.. tips tambahan lagi, biasanya mas ades sebelum memulai bikin sebuah model, dia akan membuat dummynya. biasanya lewat patung, atau dengan software yang namanya z-brush. mas ades menekankan, bagaimanapun, teknik tradisional tetap yang terbaik. kalo kita bikin model melalui patung.. sret..sret..sret.. 3 jam mungkin dah ok. tapi kalo kita nongkrong langsung kerja di 3d max misalnya, perlu paling tidak... 3 hari. waste time sekali. beriutnya teknik z-brush. ini merupakan software yang kita bisa bikin model kayak kalo kita bikin patung. bisa penyok sana.. penyok sini.. dempul sana dempul sini... tarik.. olor.. cemet.. diodot... *mbuh wis bosone gimana xixixi.... tampilannya 3d dah. cuman lebih cepat. mas ades nunjukin juga demo proses dia bikin object kepala srigala (ato anjing ya... ) yang direkam dalam format movie. ”dengan software ini nggak sampai 3 jam, 30 menit dah selesai”. dari software itu kemudian diimport ke software lain kemudian dibuat garis garis wireframnye. ada lagi yang lebih cepat, kata mas ades, yakni pake 3d modeller. cuman mahal harganya. tahap selanjunya yakni pasca produksi, dengan langkah langkah compositing, editing serta pemberian music dan sound. compositing mungkin bisa menggunakan gabungan antara life shot dengan animasi atau juga animasi satu dicompose dengan animasi lainnya. selanjutnya mas ades menjelaskan tentang 12 prinsip animasi karakter. dalam penjelasannya mas ades sempat mendemokan sebuah character yang hendak melompat. jelas dalam animasinya bagaimana orang ingin meloncat, mengambil ancang ancang, kemudian siap melompat, lalu melakukan lompatan, kemudian mendarat.. lalu membuat keseimbangan dan akhirnya berada diposisi semula. kurang lebih itulah salah beberapa dari 12 prinsip animasi karakter yang kadang terlupakan oleh para animator pemula sehingga animasi yang dibuat terkesan kurang luwes atau masih kaku. setelah setengah jam lebih mas ades menjelaskan, dibukalah sessi pertanyaan. dilihat memang antusiasme pengunjung masih belum panas. nampaknya masih ragu ragu atau malu untuk bertanya. diantara beberapa penanya, mereka menanyakan terkait dengan bagaimana mendapatkan kesempatan seperti mas ades, sehingga bisa mengikuti dan bahkan memenangkan lomba animasi di singapore. kemudian bagaimana mendapatkan informasi informasi terkini terkait dengan pekerjaan didunia animasi. tidak banyak penanya yang menanyakan secara teknis. menurut mas ades sendiri, informasi itu bisa banyak didapat lewat internet. bisa dengan mengunjungi situs situs seperti indocg surabaya design forum www.cgchannel.com cgchannel cgnetwork. bahkan dia juga berkata bahwa sekarang ini tengah running project untuk film layar lebar yang nantinya akan bersaing dengan pixar dan blue skies, yang 90% teamworknya adalah orang indonesia. 10% lainnya orang luar negeri. cuman waktu pendaftaran kurang semingguan. situsnya www.animatorforum.org/ksm/jobs.html. untuk memberikan semangat audience bertanya, dipanas panasi dengan hadiah dan voucher... akhirnya semakin bertambah banyak yang tanya hingga sesi pertama selesai dengan berarkhirnya acara dorprize undian dari pemilihan nomor pendaftaran. acara dilanjutkan dengan break, istirahat makan dan sholat sekitar satu jaman..... -------------------------------------------- sesi berikutnya bertopik broadcast motion graphics olah boyke saladyne yang kebetulan aku sendiri diminta sama rizki (Q) untuk jadi moderatornya. nervouse juga sih.. setelah dipersilahkan oleh pembawa acara dona dan rizki aku ma mas boyke langsung ngambil tempat yang telah disediakan. setelah ngenalin mas boyke tanpa basa basi mas boyke langsung tak minta segera nampilin presentasinya. heheheh... saking nervesnya sampek kelupaan ngenalin diri sendiri kalo kita dari surabaya design forum.. untung dah diomongin rizki waktu mau nampilin mas boyke.. dengan penampilannya yang santai banget, mas boyke membuka presentasinya dengan memperkenalkan diri yang dirinya pernah kerja di TransTV selama 3 tahunan kemudian sekarang aktif di ANTV selain juga sebagai freelancer. persentasi diawali dengan intro apa sih motion graphic, trus history, lalu legendary artist, serta broadcast di indonesia. kemudian dilanjut dengan character, definition serta type broadcast motion graphic itu sendiri. nampaknya penonton terlihat kurang antusias, hingga mas boyke menampilkan salah satu motion graphic yang sedikit banyak menarik audience untuk melihat kemudian mas boyke meminta beberapa audience untuk memberikan pendapat tentang motion graphic yang ditampilkan. ada yang bilang nggak menarik, ada yang bilang kurang pas, ada yang bilang bagus, motionnya senada dengan musiknya. banyak juga komentarnya.. kemudian mas ades nampilin juga showreel beliau mulai dari tahun 2003 dilanjut kemudian dengan sesi tanya jawab. nggak disangka ternyata audience banyak yang berebut tanya. mas boyke menyarankan pertanyaan dikoleksi dulu baru nanti dijawab. berikut kurang lebihnya pertanyaan dan jawaban yang diberikan oleh mas boyke. terkait dengan software, software software apa aja yang dipakai untuk membuat motion graphics? >> saya biasa memakai keluarga adobe. mulai dari adobe photoshop, illustrator, after effect, premiere. disamping itu juga pakai memakai software lain seperti avid, 3d max, combustion yang bisa running di windows atau mac tergantung dari keinginan kita mudahnya dimana. terkait dengan sound effect atau backsound, apakah dibuat sendiri atau mengambil dari library atau punya orang ? >>> kadang kita buat sendiri kadang juga mix dari lagu yang sudah ada tapi tidak melebihi delapan bar. kadang kalau memang dari pihak producer ingin menggunakan lagu itu, tentu kita sudah meminta ijin terlebih dahulu kepada yang empunya lagu. bagaimana prospek motion graphics di indonesia ? >>> kita nggak usah khawatir. sedikitnya seratus televisi swasta akan hadir di indonesia.jadi jangan takut nggak dapat propek. untuk membuat motion graphic, apakah seorang motion graphic artist harus terjun ke lapangan ? >>> rasanya lebih baik terjun langsung ke lapangan sehingga kita jadi tau apa yang diminta producer, konsepnya gimana, kemudian kalo memang dalam motion graphic itu perlu aktor ataru aktris, kita bisa pendekatan pada mereka bagaimana mereka inginnya.. atau mungkin kita jelaskan konsepnya nanti gini.. bla bla bla sehingga kita nggak hanya terima materi trus ngerjakan didepan komputer aja.. rasanya kok jarang atau nggak ada ya forum yang ngebahas soal motion graphic ? >>> ada banyak kok diinternet forum forum yang ngebahas soal motion graphic. misalnya animator forum, ds-milist, surabaya design forum, atau kalau mau yang luar negeri, bisa dicek di ai-interactive.com.sg atau situs BDA saya lupa nama situsnya. bagaimana terkait dengan keputusan mengambil sebuah design agar kita bisa menampilkan sebuah motion graphic yang bisa diterima oleh audience. karena kadang kebanyakan motion graphic tidak dipahami oleh audience sehingga bingung dan boleh jadi isi nggak tersampaikan... >>> dalam dkv diajarkan juga ilmu komunikasi. itu sih dasarnya. kita pandai pandai memilih sebuah konsep design. sebelum membuat kita lihat nanti audiencenya siapa dari situ kita bisa nentukin keputusan kita. kadang saya setelah selesai membuat sebuah motion, saya tunjukkan pada orang yang nggak ngerti motion. saya tanya mereka. menurutmu ini bagaimana... nah dari pendapat mereka, yang benar benar nggak ngerti motion, saya jadi tau. oh.. ini sudah bisa masuk. oh.. ini belum.. karena kalo yang menilai saya sendiri, pasti ok ok saja. karena kita sendiri yang bikin apalagi kita sudah jenuh. pertanyaan makin banyak tapi terpaksa distop. mas boyke melanjutkan presentasinya terkait dengan proses kerjanya. mulai dari pre production, production, dan postproduction. kemudian diakhiri dengan diputarnya showreel beliau untuk tahun 2003 serta beberapa hasil karyanya yang lain. berhubung waktu mau habis, sesi tanya jawab kedua, dialihkan sekalian ke pembagian hadian. delapan orang penanya maju bertanya didepan dan ndapetin hadiah. sesi kedua diakhiri dengan diputarnya film indie TAHI SAPI yang menang lomba di korea. cmiiw. materi bisa didonload di : - http://rapidshare.de/files/1482374/Broadca...aphics.doc.html - http://rapidshare.de/files/1482459/creativ..._brief.jpg.html - http://rapidshare.de/files/1482521/creativ...brief2.jpg.html ------------------------------------------- sesi ketiga topik membahas tentang creative dan aesthetics dalam video musik oleh mas anggun dari the jadugar dengan mas rizky sebagai moderatornya. awal awal pembukaan, anggun memutarkan sebuah video clip barat dari chemical brother. dilihat sepintar biasa, tapi setelah diamati asik banget ternyata video klipnya. mungkin beberapa temen pernah liat atau punya video klipnya. camera seolah olah dari dalam kereta yang sedang melaju dengan sudut pandang memandang keluar jendela. object object di luar kereta seolah olah berlari lari dari kanan ke kiri mengikuti irama musik yang ada. bila irama rancak, object yang berseliweran juga rancak.. kalau musiknya bitnya sedikit nyantai, object object yang berseliweran juga nggak serancan yang tadi. konsepnya sederhana tapi its cewl... selanjutnya mas anggun memberikan materi seminar dia mulai dari pengertian video musik, visual video musik, style musik serta hal hal yang perlu dilakukan saat proses pembuatan video musik. mas anggun juga menampilkan beberapa karya dia seperti vidklip project pop “bau”, mocca “my only one”, peter pan “yang terdalam”, mocca feat club 8 “i would never”, shiva “aku yang pantas”. yang cukup menarik dalam proses pembuatan video musik peterpan “yang terdalam”, mas anggun mencoba menawari producer untuk memakai seluloid dan akhirnya disetujui namun dia hanya dibatasi beberapa can saja (*nulisnya bener ga yah. hehehe..) kalo pada mini dv kita kan pake kaset, kalo untuk seluloid pake can. disamping memakai can yang terbatas, termasuk proses pembuatannya. dalam video musik tersebut, artist bergerak slow motion namun pergerakan bibirnya sesuai dengan speed lagu yang didendangkan. trik yang digunakan, pada saat take shoot, vocalis menyanyi dengan speed lebih cepat seiring dengan diputarkan lagu yang speednya dipercepat pula. demikian dengan pergerakan orang orang yang ada disekitarnya agar nantinya didapat speed yang sama antara vocalis dengan environtmennya. hal ini dibuat demikian sehingga saat pada editing, speed musik dinormalkan maka pergerakan vocalis dan orang orang disekitarnya menjadi slow namun pergerakan bibir vocalis sesuai dengan musik. syarat yang musti dipenuhi adalah, vocalis harus bisa menyanyi dengan speed yang cepet. untungnya waktu itu vocalis peter pan sanggup untuk menyanyi cepat sesuai dengan musik yang mengiringinya yang dipercepat pula. berikutnya mas anggun juga menampilkan karya karyanya yang lain, lain”train song” first video klipnya yang langsung terkenal. hanya berbekal handycam, tanpa lighting, shoot sekitar tiga harian sekitar pukul 10 pagi sampek pukl 3 sore. kemudian ada dari naif “dia adalah pusaka sejuta umat manusia yang ada di seluruh penjuru dunia”, bandempo “pdkt 6 bln”, the brandals “lingkar labirin”, BIP “kuncianmu”, boys are toys, slank “salah”, dalam proses pembuatan video musik naif diatas, awalnya mas anggun sedikit kesulitan njelasin ke produser terkait konsepnya. hingga akhirnya dia mencoba njelasin dengan membuat semuah dummy wayang awayang dengan background kertas kertas berlayer layer. baru sang produser menangkap maksudnya. yang menarik lagi video musik dari BIP, dibuat dengan kamera digital (kalo nggak salah 2 Mega pixel doang. cmiiw) karena konsepnya main stop motion. so, object dibentuk, jepret, dirubah trus jepret, dirubah trus dijepret.. dst. kemudian di composs. selanjutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan mungkin karena peserta sudah terllau penat dan capek shingga kurang banyak yang respon, tapi masih ada juga yang bertanya. acara berakhir sekitar pukul lima lebihan lah.. dan aku sendiri langsung cabut setelah pamitan sama temen temen... materi bisa didonlud di sini : - http://rapidshare.de/files/1482704/VIDEO_M..._MUSIK.doc.html ------------------------------------------- - untuk mas ades, mas boyke dan mas anggun, bila saya ada salah report mohon dibetulkan. - untuk temen temen yang punya problem donlut di rapidshare bisa baca triknya disini - untuk materi lainya bisa kontak sama mas rizki atau saya. kebetulan saya dapet yang dvd dari mas boyke ===================================== tak posting juga ndek Surabaya Design Forum =====================================

No comments: