Tuesday, October 18, 2005

teh poci, obrolan di pagi hari

pagi pagi ada temen yang nyamperin. dah lama juga gak ngobrol sama dia mungkin dianya lagi sibuk. berikut obrolannya mungkin ada manfaatnya. a**st**: hi.... afumadous: hi afumadous: pa kabar bro. a**st**: baek.... a**st**: poso tha? afumadous: insyaAllah. pean ? a**st**: poso setengah hari.... a**st**: afumadous: setengah hari ? opo o ? afumadous: poso romadon po duk ? a**st**: mari subuh turu sampe jam 2 trus posone mulai jam 2 sampe maghrib afumadous: a**st**: wonge nek bengi melek hare afumadous: iso iso wae peno. a**st**: yo ngene lha nek kerjone bengi afumadous: melek nemoni lailatul qadar ye. afumadous: iyo kuwi koyok koncoku biyen pas jik nang sam-design. dinone kuwalik. afumadous: awan dadi bengi, bengi dadi awan. a**st**: aku ket mbiyen meskipun melek rah nemu... lha wong sing disawang komputer..... a**st**: dudu alquran a**st**: afumadous: hohohoho... a**st**: tapi saiki nggak iso turu kie.. afumadous: opo o ? afumadous: lagi running project opo ? a**st**: mboh.. arek2 wis turu a**st**: bikin software GIS a**st**: besok instal ke pasuruan afumadous: opo kuwi GIS ? a**st**: minggu ke kediri afumadous: simulator ? a**st**: Geography information System afumadous: oh.. a**st**: bukan info berdasarkan peta.. (intine kuwi) a**st**: oh yo mau nanya..... afumadous: tanya apa nih ? a**st**: apaka card capture iku mempunyai mempengaruhi waktu kita encode file avi (dari premier) ke mpeg ? a**st**: based on quality a**st**: ? afumadous: pengaruh waktu pasti. afumadous: ada juga kaitannya dengan quality. a**st**: hmm....so lha nek pengen apik kudu duwe card kuwi yo...(apakah ketok bedane) afumadous: nggak harus. afumadous: insyaAllah card mpeg encoder lebih banyak perngaruhnya ke time usage saat proses rendering/encoding. a**st**: oic..... afumadous: tanpa card mpeg encoder, kita juga bisa dapatin hasil mpeg yang bagus. afumadous: dengan jalan kita tweak di softwaernya. afumadous: misalnya di tmpgenc, ada banyak opsi yang bisa kita pilih. afumadous: mau kualitas standart, ngencode cepet ? atau kualitas bagus, ngencode rada lambat/lambat sekali. afumadous: tmpgenc sudah support HyperTread untuk Pentium. afumadous: beda banget waktu yang dipake kita ngencode di kompi yang highend dengan kompi yang biasa. afumadous: sekarang TMPGEnc dijadiin tools benchmark untuk processor. afumadous: terutama untuk process encodingnya. a**st**: ic.... so skrang masalah gambar... afumadous: gambar, tergantung oleh banyak hal. a**st**: kapan lalu aku sempet syut pake handycam Hi8 trus capture pake fire wire ... asil gambar kalo misal gerak iku koq garis yo afumadous: garis itu namanya Field atau juga Interlace. a**st**: itu kenapa? afumadous: video umumnya outputnya di TV bukan di PC. a**st**: apa rekamannya (handycam) apa capturannya afumadous: TV umumnya memakai teknologi LINE bukan pixel. afumadous: berbda dengan monitor, TV kalo kita liat lebih dekat, dia terbentuk dari garis garis lurus horisontal. afumadous: karena itulah, camera diciptakan dengan mengimbangi teknologi itu. afumadous: yakni dengan adanya interlace atau field itu sendiri. afumadous: itu memang sudah bawaan dari camera. afumadous: pada saat editing video, ada option untuk kita aktifkan Fieldnya. a**st**: ok masih ttg interlace.... waktu file avi... interlace nggak ono tapi waktu di kompress dadi mpeg interlace kethok itiu napa ya? afumadous: pakai Field (upper field/lower field) atau tidak pakai field (NO FIELD) afumadous: ngeliat file avinya dimana ? afumadous: dipremiere ? di windows media player (versi berapa) ? a**st**: windows media player a**st**: versi default win xp home sp2 afumadous: file avi yang berinterlace nggak akan keliatan kalau dilihat saat play afumadous: interlacenya nggak begitu kentara. akan kentara kalau kita lihat frame by frame lewat video editing. afumadous: intinya, dia masih memiliki unsur field. afumadous: atau bisa jadi, dia sudah no field, tapi begitu di jadikan mpeg, lupa mematikan option field. afumadous: jadi secara otomatis software encoder membuat field sendiri. yang ini lebih jelek dari pada interlace yang buat saat proses shooting. afumadous: no field biasanya disebut adative afumadous: ato progressive ya lupa aku. a**st**: a**st**: oh yo aku syuting kemaren pake sony dcr125e (kalo nggak salah) afumadous: trus ? a**st**: trus asil di lcd kethok apik bersih (padahal indoor w/o lighting) lah pas disedot.. dadine rodok burem afumadous: untuk camera camera versi baru, mungkin ada option untuk matiin fieldnya kali yah. a**st**: (cahaya kuranng) afumadous: tampilan di lcd itu nggak realtime. afumadous: lcd di camera nggak boleh dijadikan acuan untuk colour sama lighting. afumadous: makanya orang orang proffesional selalu membawa monitor sendiri untuk melihat hasil on air shootnya. afumadous: monitor itu monitor khusus bukan monitor biasa. afumadous: di lcd sendiri bukankah ada setting untuk brightness contrassnya ? a**st**: brightness contras kuwi di lcdnya ya bukan di kualitas rekaman ? afumadous: kebanyakan di lcdnya. afumadous: kalau dikualitas rekaman, biasanya ada di beberapa kamera yang ada opsi filternya seperti sephia, black and white, atau juga brightness contrass mungkin. afumadous: jadi begitu dicapture, hasilnya sudah sephia atau black and white. afumadous: tanpa harus melakukan editing offline. a**st**: ic... a**st**: yo kamera kuwi ono sing CCD opo kuwi a**st**: / afumadous: soal lcd, bahkan kamera highend, LCDnya nggak berwarna alias b/w. afumadous: CCD di kamera ibarad pixel di digital camera. afumadous: semakin besar nilainya, semakin besar kerapatan pixelnya. afumadous: disamping itu, kemampuan rekamnya juga semakin bagus. afumadous: contoh kasus kita shoot sehelai rambut dikemalaman. afumadous: dengan lighting minim atau mungkin tanpa lighting pembantu. natural. afumadous: CCD kecil kebanyakan akan menampilkan banyak grain.. afumadous: sedang CCD besar, menampilkan apa adanya (tanpa grain) afumadous: atau mungkin bisa membedakan unsur hitam rambut dengan hitam background. afumadous: eh, tapi itu salah satu keunggulannya seluloid ding. kalo digital sudah bisa belum yah ? afumadous: a**st**: seluloid....? afumadous: kamera selulid seperti 35 mili dst. afumadous: bukan teknologi kaset digital. afumadous: seperti seluloidnya foto. a**st**: oic.... a**st**: mengenai hardware... any suggestion... for what kind of handycam that i should have... ? a**st**: merk type, keunggulan... afumadous: first, capture card... a**st**: trus sekalian video capture...nya afumadous: kalau ada dana, pakai yang bisa realtime preview sehingga memudahkan editing (kalau outputnya ke TV) afumadous: what u see in premiere monitor is not real colour as what you get. afumadous: by video capture card like pinnacle video, cannopus dv, matrox, you'll get wysiwyg one via TV. afumadous: so u can edit in your pc and syncronize your premire preview to TV as wysiwyg colour. afumadous: computer ?? sesuaikan sama budget aja. afumadous: kalau nyampek buat beli yang seri HT, pakai aja yang Hyperthreading. afumadous: bisa mempercepat proses encoding. afumadous: RAM, semakin besar semakin OK. a**st**: HT kuwi intel aja yo opo amd ono sing HT ? afumadous: syukur syukur yang suppport Dual Channel. afumadous: HT untuk intel itu HyperThreading. kinerja difokuskan di processornya. afumadous: sedangkan HT untuk AMD itu HyperTransport, kinerja difokuskan di transportasi bandwith dari mana kemana aku kurang tau. afumadous: mungkin dari southbridge atao norhtbridge ke processor.. afumadous: aku lupa.. afumadous: atau kalau ada dana, beli yang Dual processor. afumadous: INTEL seri terbaru, INTEL dengan code D (dual) afumadous: 2in1. afumadous: satu socket ada dua processor, kalo nggak salah. afumadous: kalo HT di intel, pc mengenali processor seperti ada dua. afumadous: atau lebih. a**st**: kira capture card yang mana turs harga piro? a**st**: soale iki akeh macem2 cuman aku nggak ngerti bedane afumadous: kalau dilihat di task manager - process, seperti ada dua processor yang bekerja. padahal itu cuman satu. a**st**: (di bhinneka.com) afumadous: capture card memang banyak tuh. untuk harga agak miring pake Pinnacle. afumadous: seri yang pro one nggak tau masih ada gak tuh. afumadous: kalau dana cukup pilih yang bisa realtime preview. a**st**: realtime preview min 2 jt... ? a**st**: ada afumadous: 2 jt ? afumadous: nggak mungkin ah. afumadous: paling gak tu masih 10 jt. afumadous: itu mungkin realtime kayak premiere. afumadous: nggak realtime ke TV. afumadous: ada blue box nya yang ngubungi ke TV. afumadous: ati ati jangan kejebak sama tulisan. afumadous: eh, aku mandi dulu yah. arep mangkat nang sawah. a**st**: ok a**st**: thanks for the infos a**st**: afumadous: ur almost welcome. afumadous:

No comments: